HappyLife Blog

Where you can find all knowledge base

Home / Blog / Aktivitas Fisik pada Lansia yang Baik

Aktivitas Fisik pada Lansia yang Baik

HappyLife Team | 13 August 2020
Ativitas Fisik pada Lansia

Aktivitas fisik pada lansia yang baik merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan perubahan-perubahan posisi dari tubuh dan anggota tubuh. Aktivitas fisik dibutuhkan oleh lansia untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Dengan tubuh yang bugar, maka risiko datangnya gangguan kesehatan pada lansia dapat menjadi semakin kecil.

Berbeda dengan anak muda atau orang dewasa, kemampuan lansia untuk berolahraga jauh lebih rendah. Sehingga tingkatan dan intensitas aktivitas fisik pada lansia pun jauh lebih rendah dibandingkan milik anak muda dan orang dewasa. Agar ada penyesuaian terhadap kemampuan lansia, terdapat dua jenis tingkatan aktivitas fisik yang dapat dilakukan oleh lansia.

Tingkatan aktivitas fisik pertama yang dapat dilakukan yaitu aktivitas fisik tingkat sedang. Sebetulnya, aktivitas fisik tingkat sedang merupakan aktivitas-aktivitas yang biasa kita lakukan sehari-hari. Contoh dari aktivitas fisik yang biasa dilakukan sehari-hari adalah berkebun, berjalan kaki dengan jarak dekat, bersepeda santai, naik turun tangga, dan membersihkan rumah.

Dalam rangka mengoptimalkan manfaatnya, aktivitas fisik tingkat sedang harus dilakukan dalam kurun waktu tertentu tiap minggunya. Aktivitas fisik tingkat sedang dapat dilakukan lansia dalam kurun waktu 150 menit setiap minggunya. Agar manfaatnya optimal, setiap sesi aktivitas fisik harus dilakukan setidaknya selama 10 menit tanpa henti.

Tingkatan aktivitas fisik kedua yang dapat dilakukan yaitu aktivitas fisik tingkat berat. Contoh dari aktivitas fisik berat adalah jogging, yoga, berenang, jalan cepat, menggendong anak, bulu tangkis, dan lainnya.

Agar manfaatnya optimal, aktivitas fisik tingkat berat harus dilakukan setidaknya selama 17 menit untuk setiap minggunya. Selain itu, lansia juga membutuhkan latihan keseimbangan dan otot untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

Sebetulnya, ativitas fisik pada lansia memiliki porsi dan kebutuhan akan aktivitas fisik yang berbeda. Agar menemukan pola dan aktivitas yang cocok dengan profil diri lansia, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter. Sehingga aktivitas fisik dan durasi yang dilakukan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan tubuh dan tentunya tidak memberatkan kemampuan pada lansia.

Semoga info ini bermanfaat ya!

Referensi: