HappyLife Blog

Where you can find all knowledge base

Home / Blog / Ancaman Resesi yang Mulai Membayang

Ancaman Resesi yang Mulai Membayang

HappyLife Team | 1 July 2020
Resesi Ekonomi, Akankah Terjadi?

Zona resesi dapat diraih jika pertumbuhan perekonomian Indonesia berada dalam angka negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Saat ini PSBB dilonggarkan dengan harapan bahwa masyarakat dapat membelanjakan uangnya sehingga perekonomian dapat tetap tumbuh secara positif hingga 1,4 persen di kuartal III dan IV. Tapi kalau masyarakat tidak berbelanja, pertumbuhan ekonomi dapat menurun hingga -1,6 persen pada kuartal yang sama.

Memasuki akhir dari kuartal II, pertumbuhan perekonomian indonesia pada kuartal ini diproyeksikan sebesar -3,1 persen. Pertumbuhan perekonomian masih bisa berada dalam angka positif, dengan catatan seluruh skenario pemulihan ekonomi dapat segera dilakukan. 

Bila dibandingkan dengan krisis ekonomi pada tahun 1998 dan 2008, krisis perekonomian di tahun 2020 tidak akan separah pada tahun 1998 tetapi memang lebih parah daripada krisis ekonomi 2008. Pada krisis tahun 1998, terdapat begitu banyak ketidak jelasan dalam perekonomian yang diakibatkan oleh tidak adanya langkah pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah. Sedangkan pada krisis 2008, harga-harga komoditas masih cukup terjaga sehingga daya beli masyarakat tidak terpengaruh oleh krisis.

Referensi: