HappyLife Blog

Where you can find all knowledge base

Home / Blog / Apakah Spiritual Meningkatkan Kesehatan Jiwa Lansia?

Apakah Spiritual Meningkatkan Kesehatan Jiwa Lansia?

HappyLife Team | 4 August 2020
Dampak Spiritual dan Kesehatan Jiwa Lansia

Status spiritual seseorang sangat dipengaruhi oleh banyaknya aktivitas spiritual yang dilakukannya. Semakin banyak aktivitas spiritual yang dilakukan, semakin tinggi status spiritual yang melekat dan meningkatkan kesehatan jiwa pada orangnya, termasuk lansia.

Lansia merupakan salah satu kelompok usia yang memiliki status spiritual yang cenderung tinggi. Aktivitas spiritual yang dilakukan oleh lansia dipengaruhi oleh banyak hal. Tetapi rasa penyesalan merupakan alasan terbesar dari tingginya aktivitas spiritual yang dilakukan lansia.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, penyesalan yang timbul di dalam benak lansia berasal dari hal-hal yang telah mereka lakukan di masa lalu. Dimana lansia merasa telah melakukan banyak hal yang dirasa telah menyalahi aturan agama di masa mudanya. Sehingga akhirnya aktivitas spiritual dilakukan oleh lansia sebagai suatu bentuk tobat untuk mendapatkan ampunan dari Tuhan sebelum akhirnya menutup usia.

Manfaat Spiritual pada Kesehatan Jiwa Lansia

Lansia yang melakukan aktivitas spiritual secara aktif cenderung memiliki kualitas hidup yang baik. Hal ini dikarenakan tingkat kecemasan lansia dapat menurun drastis setelah melakukan aktivitas spiritual.

Tingkat kecemasan yang menurun drastis terjadi karena keinginan tobat telah dipenuhi melalui aktivitas spiritual yang dilakukan. Sehingga lansia dapat menjalani hidup sehari-hari tanpa bayang-bayang penyesalan akan hal-hal yang telah mereka lakukan di masa lampau dan membuat kesehatan jiwa menjadi terjaga.

Selain itu, aktivitas spiritual juga menjadi pereda untuk rasa kesedihan dan kesepian yang dialami oleh lansia. Hal ini dikarenakan kebanyakan lansia tidak dapat berinteraksi secara aktif dengan orang-orang di sekitarnya dan merasa kesulitan untuk mengungkapkan apa yang menjadi beban pikirannya.

Dengan aktivitas spiritual, lansia merasa dapat bercerita dengan Tuhan tentang apa yang menjadi beban pikirannya ataupun hal-hal yang timbul di dalam benaknya.

Dengan menurunnya tingkat kecemasan serta meredanya rasa kesedihan dan kesepian lansia, kualitas hidup lansia pun menjadi lebih baik karena kualitas psikis lansia yang turut membaik. Melalui kualitas hidup yang baik, lansia dapat menjalani kehidupan dengan baik pula. Sehingga status spiritual lansia memberikan dampak besar bagi kualitas hidup dan kesehatan jiwa lansia.

Referensi: