HappyLife Blog

Where you can find all knowledge base

Home / Blog / Badan Pengelola Dana Pensiun untuk Umum

Badan Pengelola Dana Pensiun untuk Umum

HappyLife Team | 18 August 2020
Badan Pengelola Dana Pensiun di Indonesia

Pada umumnya, masyarakat biasa maupun pekerja akan menyiapkan masa pensiunnya pada rentang usia 5-10 tahun menjelang pensiun. Persiapan pensiun pun dilakukan dengan berbagai fasilitas persiapan pensiun yang disiapkan perusahaan tempat bekerja. Pada sektor formal, terdapat beberapa opsi badan pengelola dana pensiun yang tersedia. Contoh badan pengelolanya adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, PT Taspen, maupun Dana Pensiun Pemberi Kerja.

Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) merupakan badan yang didirikan oleh suatu perusahaan untuk memfasilitasi dana pensiun pekerjanya. Sehingga DPPK hanya dapat digunakan oleh kalangan internal perusahaan, dan tidak dapat digunakan oleh masyarakat umum.

Terkadang, masyarakat memiliki persepsi bahwa badan pengelola dana pensiun hanya dapat diakses oleh pekerja sektor formal sehingga sangat sulit. Padahal sebenarnya terdapat jenis badan pengelola dana pensiun yang dapat diakses mudah oleh seluruh lapisan masyarakat.

Badan pengelola dana pensiun ini jadi kabar gembira bagi kita yang ingin mempersiapkan masa pensiun dari usia belia. Persiapan masa pensiun sejak dini dapat dilakukan melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). DPLK merupakan lembaga independen yang mengelola dana pensiun para nasabahnya dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Melalui DPLK, iuran pensiun yang disetorkan ke DPLK akan dialokasikan dalam berbagai portofolio investasi. Sehingga nantinya nasabah memperoleh hasil berupa iuran dan dana dari hasil pengembangannya. Wah menarik ya!

Tetapi, kita tetap perlu waspada dengan tawaran keuntungan yang diperoleh. Jangan sampai tergiur dengan imbal hasil yang menarik tanpa mengetahui risiko yang juga timbul bersamaan. Perlu diingat, high risk high return.

Nah fasilitas untuk memulai mempersiapkan dana pensiun sudah ada dan ada banyak ragamnya. Tinggal bagaimana kita akan mengumpulkan keinginan dan niat kita untuk menjadi pensiunan mandiri dengan kondisi finansial yang matang.

Kabar baiknya, Happylife bisa membantu kamu untuk merencanakan masa pensiun Anda lho! Jika berminat, Anda bisa hubungi kontak yang tertera di website ini.

Untuk artikel kami tentang pengelolaan dana pensiun dan seputar tentang dunia pensiun, bisa mengunjungi di link blog kami.

shares