HappyLife Blog

Where you can find all knowledge base

Home / Blog / Hal Harus Dipertimbangkan Ketika Memutuskan Pensiun Dini ASN

Hal Harus Dipertimbangkan Ketika Memutuskan Pensiun Dini ASN

HappyLife Team | 15 July 2020
Pertimbangan Pensiun Dini ASN

Secara umum, pemerintah memiliki dua canangan terkait dengan pensiunnya para Aparatur Sipil Negara (ASN). Kedua canangan tersebut yaitu pensiun dini dan pensiun normal. Pensiun dini terhitung pada ASN yang telah mengabdi lebih dari 10 tahun atau berusia di atas 50 tahun pada saat mengajukan pensiun. Sedangkan pensiun normal adalah pensiun yang dilakukan di Batas Usia Pensiun yang seharusnya.

Apa keuntungan dari pensiun dini? Pensiun dini memberikan keuntungan dalam bentuk pemberian kompensasi pensiun yang lebih cepat dari seharusnya, serta memiliki kesempatan untuk berkarya di tempat lainnya seperti membuka usaha. Selain itu pensiun dini juga memberikan waktu luang sehingga dapat menikmati waktu yang berkualitas bersama keluarga sebelum benar-benar memasuki usia senja

Segala hal yang ada di dunia ini memiliki dua sisi. Ada sisi positif, dan sebaliknya sisi negatif. Pensiun dini juga memiliki beberapa sisi negatif yang juga harus dipertimbangkan. Seperti merasa kesepian lebih cepat dari yang seharusnya, dan menerima kompensasi pensiun yang lebih sedikit daripada seharusnya.

Dengan membandingkan sisi positif dan negatifnya, diharapkan kita dapat membuat keputusan tanpa dibayangi rasa sesal.