HappyLife Blog

Where you can find all knowledge base

Home / Blog / Kelebihan dan Kekurangan Work From Home

Kelebihan dan Kekurangan Work From Home

HappyLife Team | 14 April 2020
kelebihan kekurangan working from home

Work From Home (disingkat WFH) membuat bekerja kita terbatas di lingkungan rumah dan keluarga kita. Model bekerja ini dikampanyekan saat wabah virus korona terjadi, yang membuat pekerja kantor harian menjadi tidak nyaman karena khawatir akan kesehatan, sehingga mengharuskan kita untuk bekerja dari rumah. Namun kegiatan Work From Home bukanlah hal baru, terdapat sebutan lain untuk kegiatan ini yaitu bekerja jarak jauh (remote). Bekerja jarak jauh dapat dilakukan selain di saat wabah seperti kita sedang sakit yang mengganggu kehadiran di kantor, kebijakan perusahaan untuk mengizinkan kita bekerja dari rumah, pekerja lepas (freelance), dan sebagainya. Kegiatan Work From Home terdapat kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dari Work From Home:

Menghemat Biaya Pengeluaran Bulanan

Belanja yang biasa dikeluarkan untuk membeli camilan dan minuman serta membeli makan siang pada saat jam istirahat dapat ditekan dengan berbelanja dan memasak makanan dan camilan sendiri. Selain lebih sehat, kegiatan memasak sendiri dapat memberikan ketenangan karena mengetahui dengan pasti akan bahan-bahan yang digunakan serta menambah kemampuan memasak.

Jam kerja fleksibel sesuai keinginan

Pekerjaan kantor yang biasanya dilakukan dengan aturan jam kerja tertentu dapat dikerjakan sesuai dengan keinginan sendiri. Selagi pekerjaan tersebut dapat selesai sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan, maka hal ini tentu saja sah untuk dilakukan.

Bebas mengatur ruang kerja

Ruang kerja dapat diatur sedemikan rupa sesuai dengan selera dan tujuan masing-masing, seperti membuat perasaan lebih santai pada saat mengerjakan pekerjaan atau justru ingin jauh lebih fokus dengan pekerjaan.

Lebih dekat dengan keluarga

Dengan bekerja di rumah, waktu sela di antara dua pekerjaan dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan keluarga. Sehingga hubungan dengan keluarga dapat menjadi lebih rekat tanpa mengesampingkan pekerjaan.

Lebih nyaman dan fokus

Dengan jam kerja serta ruang kerja yang sesuai dengan keinginan sendiri, pekerjaan dapat dilakukan dengan nyaman dan fokus. Ditambah tidak ada aturan mengenai cara berpakaian selama bekerja. Bekerja dengan mengenakan piyama tidak akan menjadi masalah selagi tidak perlu conference call dengan kolega.

Meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan dari kegiatan Work From Home, tidak terlepas pula memiliki kekurangan:

Terdistraksi oleh anggota keluarga

Di saat fokus-fokusnya melakukan pekerjaan, anggota keluarga bisa saja mengganggu fokusmu dengan menawarkan sesuatu atau menyuruhmu melakukan sesuatu, seperti mengangkat pakaian dari jemuran.

Jam kerja tidak teratur

Tidak ada aturan mengenai jam kerja memang memberikan kesenangan tersendiri, tetapi apabila tidak diatur dengan baik, hal tersebut malah dapat mempersulit pekerjaan karena bisa menimbulkan perasaan malas dan menunda-nunda pekerjaan.

Kurang kompetitif

Biasanya melihat kolega di kantor yang bersemangat melakukan pekerjaannya dengan target tertentu bisa memacu diri untuk melakukan hal yang sama. Tetapi hal tersebut tidak dapat dilihat ketika melakukan pekerjaan dari rumah.

Keterbatasan teknologi

Di kantor tersedia wifi dengan kecepatan yang mumpuni atau proyektor yang bisa disambung tanpa kabel. Ketika bekerja dari rumah, hilang pula fasilitas-fasilitas canggih kantor yang asyik.

Menjauh dari kehidupan sosial

Berkerja dari rumah menyebabkan minimnya interaksi dengan teman-teman atau kolega yang biasanya bertemu di kantor. Sehingga interaksi sosial hanya terbatas pada anggota keluarga di rumah saja.

Demikian artikel ini menjelaskan apa kelebihan dan kekurangan dari Work From Home. Kita dapat bekerja secara jarak jauh sesuai dengan kondisi, keadaan, dan kebutuhan. Semoga artikel bermanfaat untuk kita. #dirumahaja

Referensi: