HappyLife Blog

Where you can find all knowledge base

Home / Blog / Manfaat Dollar Cost Averaging

Manfaat Dollar Cost Averaging

HappyLife Team | 8 July 2020
Dollar Cost Averaging

Sebetulnya ada begitu banyak cara dan metode yang bisa diterapkan dalam pengelolaan investasi agar investasi dapat bernilai optimal dan memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Salah satu metode yang populer digunakan dalam pengelolaan investasi yaitu metode Dollar Cost Averaging (DCA).

Metode Dollar Cost Averaging (DCA) dapat digunakan untuk menangani volatilitas dan risiko dalam dunia investasi. Hal ini dikarenakan metode DCA merupakan strategi investasi yang dilakukan dengan membeli instrumen investasi secara rutin setiap periode yang ditentukan tanpa memperdulikan nilai dari instrumen itu pada saat dibeli. Periode yang dimaksud dapat berupa setiap bulan atau bahkan setiap minggu.

Sebagai contoh dari penerapan metode DCA adalah dengan membeli emas sebanyak Rp 1 juta setiap bulan tanpa memperdulikan mahal atau tidaknya harga emas pada saat tanggal pembelian.

Dengan menggunakan metode ini, nilai beli pada instrumen tersebut mengalami averaging karena harganya tentu berbeda pada setiap periode pembelian sehingga investor dapat menangani risiko dari pasar yang volatil.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menggunakan metode DCA dalam berinvestasi? Jangan lupa berkunjung ke blog kami di Happylife Post, ada banyak artikel dan tips lain yang bisa ditemukan.

Referensi: