HappyLife Blog

Where you can find all knowledge base

Home / Blog / Mengapa Susah Menghindari Kolesterol?

Mengapa Susah Menghindari Kolesterol?

HappyLife Team | 16 July 2020
Mengapa Susah Menghindari Kolesterol

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan kolesterol agar dapat tetap sehat. Tetapi, kolesterol berlebih dalam tubuh dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Kolesterol  berlebih dapat memperbesar kemungkinan terjadinya penyakit jantung, memburuknya sirkulasi darah, dan stroke.

Realitanya, dengan gaya hidup masyarakat Indonesia secara umum, tampaknya agak susah untuk menghindari kolesterol. Makanan favorit masyarakat Indonesia seperti telur puyuh, belut, makanan cepat saji, dan daging olahan mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Apabila dikonsumsi secara berlebihan setiap harinya, konsumsi panganan tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit akibat kolesterol. 

Tetapi, dampak buruk dari kolesterol berlebih masih dapat dicegah dengan beberapa cara. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pemeriksaan tingkat kolesterol secara rutin. Bagi orang yang tidak memiliki riwayat kolesterol tinggi, pemeriksaan dapat dilakukan 5 tahun sekali. Apabila memiliki riwayat kolestrol tinggi, pemeriksaan harus dilakukan lebih rutin.

Selain itu, asupan yang mengandung antioksidan dan memiliki serat tinggi perlu ditingkatkan. Kebutuhan akan zat tersebut dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi ikan, kacang-kacangan, oatmeal, dan minyak zaitun.

Referensi:

shares