HappyLife Blog

Where you can find all knowledge base

Home / Blog / Nutrisi yang Wajib Dipenuhi oleh Lansia

Nutrisi yang Wajib Dipenuhi oleh Lansia

HappyLife Team | 22 April 2020
Nutrisi kesehatan untuk lansia

Perubahan fungsi organ tubuh dan penurunan kesehatan menjadi hal yang lumrah bagi sebagian orang yang menginjak usia senja. Kondisi tersebut dapat diperburuk apabila kebutuhan nutrisi yang tepat bagi lansia tidak dipenuhi dengan baik.

Menurut Ahli Nutrisi, dr Kent Bradley mengatakan bahwa salah satu nutrisi terbaik yang disarankan dikonsumsi adalah dengan menjaga keseimbangan protein. Keseimbangan protein yang baik dapat membantu fungsi sel tubuh yang membangun dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

Selain itu, kebutuhan lemak dalam tubuh dapat dipenuhi melalui penggunaan minyak nabati seperti minyak zaitun dan minyak jagung. Kebutuhan lemak harus dipenuhi untuk produksi hormon, memberi energi, serta untuk kekebalan tubuh.

Tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber utama kalori dan disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks agar lama dicerna oleh tubuh seperti nasi. Tetapi,

pembatasan porsi karbohidrat juga perlu dilakukan seperti melalui pembatasani porsi nasi yang dikonsumsi setiap makan. Hal ini dikarenakan ketika semakin bertambah usia seseorang, maka kemampuan tubuh untuk memprosesnya pun dapat berubah.

Selain itu, lansia juga disarankan untuk menghindari makanan dan minuman dengan kadar glukosa tinggi seperti gula pasir, gula pada susu, serta gula pada buah.

Pemenuhan nutrisi yang baik setiap harinya dapat membantu kinerja tubuh dan memperlambat proses penuaan organ tubuh sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga. Selain itu, pemenuhan nutrisi yang baik juga dapat memperlancar pencernaan bagi tubuh,

Referensi: