HappyLife Blog

Where you can find all knowledge base

Home / Blog / Pencegahan Depresi pada Lansia

Pencegahan Depresi pada Lansia

HappyLife Team | 28 April 2020
depresi pada lansia

Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Mengobati depresi pada lansia menjadi permasalahan tersendiri karena memiliki tingkat kesembuhan yang rendah, hanya berkisar pada angka 30 persen.

Kemudian, bagaimana cara pencegahan depresi pada lansia?

Menjaga pola hidup sehat perlu dilakukan seperti dengan menjaga porsi dan memperhatikan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi.

Berhenti merokok dan berhenti mengonsumsi minuman beralkohol juga perlu dilakukan sedini mungkin dan perlunya rutin melakukan olahraga.

Selain itu, sosialisasi juga diperlukan untuk menjaga kualitas hubungan dengan orang lain. Hubungan sosial bersama banyak orang berfungsi untuk membangun dan menjaga kualitas hubungan sosial yang dapat menjadi pencegah stres atau stress buffering dikarenakan sosialisasi dapat menjadi wadah untuk menuangkan keresahan dan berbagi cerita dengan rekan yang mengalami kondisi serupa.

Dengan melakukan kegiatan sosial bersama orang dapat pula mengurangi gangguan kejiwaan pada lansia.

Tetapi, terkadang keinginan untuk membangun hubungan sosial yang berkualitas bersama teman maupun rekan sebaya yang mengalami kondisi serupa menjadi kendala tersendiri karena tidak semua teman dapat mencocokkan jadwal bertemu.

Melalui Happylife, Anda dapat bertemu dengan teman-teman sebaya yang memiliki minat dan passion yang sama tentang bagaimana akan menjalani kehidupan pensiun. Silakan hubungi kontak kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program-program pensiun dari Happylife.

Referensi: