HappyLife Blog

Where you can find all knowledge base

Home / Blog / Pertimbangan Penawar Godaan Pensiun Dini

Pertimbangan Penawar Godaan Pensiun Dini

HappyLife Team | 20 August 2020

Pensiun dini memang terasa menggiurkan apabila ada program menarik yang ditawarkan oleh perusahaan bagi yang berani untuk mengambilnya. Dengan pesangon yang didapat, seseorang dapat memulai kehidupan baru yang sesuai dengan impiannya pasca pensiun dini. 

Tetapi terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan resign dan pensiun dini agar tidak menyesal di kemudian hari. Apa saja sih yang harus dipertimbangkan?

  1. Kondisi FinansialKondisi finansial menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan. Mengingat bahwa ketika memutuskan pensiun dini, maka tidak akan ada lagi pemasukan yang didapat melalui pekerjaan yang dilakukan. Sehingga pastikan bahwa kondisi finansial berada dalam kondisi yang sehat, agar keputusan untuk melakukan pensiun dini tidak menjadi beban nantinya.
  2. Perencanaan Penghasilan di Masa PensiunKetika memutuskan untuk pensiun dini, maka Anda harus telah memiliki rencana yang matang terkait dengan penghasilan di masa pensiun. Penghasilan di masa pensiun bisa didapat melalui investasi maupun bisnis. Kedua hal tersebut harus dijalankan dengan perencanaan yang baik sehingga dapat meminimalisir kemungkinan kerugian.
  3. Penetapan Tujuan HidupBiasanya, seseorang memutuskan untuk pensiun dini lantaran ingin mencapai sesuatu dalam hidupnya. Dimana pensiun dini kemungkinan besar dapat menjadi keputusan terbaik untuk mendukung tercapainya tujuan hidup yang telah ditetapkan. Jangan sampai kehilangan arah ketika telah memutuskan untuk pensiun dini ya!
  4. Rancangan Penggunaan Dana PensiunSebagian perusahaan menawarkan pesangon bagi karyawannya yang memutuskan untuk pensiun dini. Nah, rancangan matang tentang bagaimana uang tersebut digunakan perlu dibuat. Sehingga nantinya dapat mengurangi belanja yang dapat merugikan keuangan.
  5. Jumlah TabunganJumlah tabungan yang dimiliki setidaknya telah mencapai target untuk memenuhi kebutuhan selama pensiun, ataupun kebutuhan-kebutuhan besar yang mungkin dapat terjadi nantinya.
  6. Nilai Hutang yang Belum TerbayarkanPastikan bahwa nilai hutang yang belum terbayar tidak berjumlah cukup banyak hingga dapat mengganggu keseimbangan aliran keuangan anda. Nilai hutang yang belum terbayarkan juga dapat mempengaruhi kesehatan pikiran lho.

Apapun itu keputusannya, baik pensiun dini maupun pensiun normal. Pastikan bahwa Anda telah mengambil keputusan melalui pertimbangan-pertimbangan yang diperlukan. Sehingga tidak menimbulkan penyesalan di kemudian hari.