HappyLife Blog

Where you can find all knowledge base

Home / Blog / Seperti Apakah Tipe Millennial-mu?

Seperti Apakah Tipe Millennial-mu?

HappyLife Team | 31 January 2020
Seperti Apakah Tipe Millennial-mu?

Sebuah penelitian dilakukan oleh IDN Research Institute tentang pemahaman akan perilaku millennial yang dituangkan ke dalam Indonesia Milennial Report 2020. Penelitian ini dilakukan dengan meneliti kurang lebih 5.500 orang yang tersebar di 11 kota dari Solo hingga Makassar dengan proses yang berfokus pada hipotesis. Jadi, kamu tipe yang mana?

1. The Adventurer

Tipe Adventurer Milenial

Tipe Adventurer

Tipe ini memiliki sangat banyak ide di dalam kepalanya dan mereka memprioritaskan kebebasan berkreasi di dalam kehidupan karirnya. Mereka adalah pemimpin kelompok secara natural. Adventurer senang menyuarakan opini dan ide mereka, termasuk pandangan politik dan agama. Mereka suka menyebarkan aura positif di lingkungan keluarga dan hanya akan menikah ketika telah merasa siap.

2. The Visionary

Tipe Visionary Milenial

Tipe Visionary

Sesuai dengan sepotong pribahasa ‘tak ada rotan, akar pun jadi’, tipe ini merupakan orang-orang yang mampu mempersiapkan diri dalam menghadapi sesuatu dengan menciptakan berbagai rencana cadangan. Hal tersebut membuat mereka menjadi wirausahawan yang hebat dan biasanya juga menjadi pekerja yang over-achieving karena selalu merasa haus akan pengetahuan. Mereka bersifat toleran dalam pandangan politik dan agama.

3. The Artist

Tipe Artist Milenial

Tipe Artist

Penuh dengan ide, memiliki pandangan yang unik tentang sesuatu, dan memiliki orientasi seni yang kuat. Sifat-sifat ini membuat mereka menjadi terlihat tidak bisa ditebak, bahkan dengan keluarga dan teman terdekatnya. Sekolah dan lingkungan yang sangat terorganisir menjadi tantangan tersendiri buat mereka, bukan karena mereka tidak pintar, tetapi karena cara belajar di sekolah dan lingkungan tersebut tidak cocok dengan cara belajar yang selama ini mereka nikmati. Tipe ini terbuka dalam mengekspresikan pendapat politik dan agama. Artist menggunakan estetika, keberanian, dan desain dalam membuat pilihan dan aksi untuk mendorong batas-batas sosial.

4. The Leader

Tipe Leader Milenial

Tipe Leader

Karismatik, goal-oriented, dan memiliki kemampuan memimpin yang kuat. Leaders sangat menghargai nilai-nilai kejujuran, dedikasi, dan martabat di lingkungan yang mereka pimpin. Pribahasa ‘berakit-rakit ke hulu berenang-renang kemudian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian’ menggambarkan keinginan mereka yang kuat untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah mereka buat, walaupun jalan yang ditempuh akan tidak mudah. Mereka mampu melihat pandangan yang lebih luas tentang sesuatu, tetapi dengan tetap memperhatikan setiap detail yang ada. Leaders cenderung memiliki pandangan politik dan agama yang kuat, tapi bersikap hati-hati dalam mengungkapkannya pada publik.

5. The Socializer

Tipe Socializer Milenial

Tipe Socializer

Seru, mudah bergaul, dan biasa memulai percakapan. Tidak ada tipe yang sebaik socializers dalam memberikan waktu dan tenaganya ketika berbicara tentang menyemangati orang lain. Mereka menempatkan berbagai aktivitas sosial seperti arisan, nongkrong, maen bareng, dan kumpul-kumpul dalam prioritas teratas, sehingga pribahasa ‘mangan ora mangan sing penting ngumpul’ dapat menggambarkan socializers dengan baik. Tipe ini memiliki kemampuan manajemen proyek yang baik dan mampu bekerja dengan baik di perusahaan yang memiliki hirarki yang jelas. Socializers cenderung menyembunyikan pandangan tentang politik dan agama, bahkan bisa pura-pura setuju dengan pendapat orang lain agar mereka bisa cocok dengan orang tersebut.

6. The Conservative

Tipe Conservative Milenial

Tipe Conservative

Dapat diandalkan, sederhana, dan rendah hati. Conservatives tidak dapat diremehkan ketika mereka membuat sebuah keputusan, mereka akan menyampaikan fakta yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan mereka. Mereka vokal dalam menyuarakan pendapat tentang politik dan agama dan berorientasi pada keluarga. Dalam lingkungan kerja, mereka dapat bekerja dengan baik di bagian resource, keuangan, dan operasi.

7. The Collaborator

Tipe Collaborator Milenial

Tipe Collaborator

Sangat toleran, penuh dengan ide, dan senang membuat teamwork yang hebat di dalam lingkungannya. Tipe ini akan beraksi dengan kreativitas, imajinasi, sensitivitas, dan keyakinan untuk menguatkan dan membuat keseimbangan. Mereka dapat berbicara dengan lembut, tetapi memiliki pandangan yang kuat tentang sesuatu dan akan berjuang sekuat tenaga untuk menyuarakannya. Mereka selalu up-to-date dengan berita dan tren terkini, tetapi jarang berbagi pendapat dan menyuarakan pandangan tentang politik dan agama.

Referensi: