HappyLife Blog

Where you can find all knowledge base

Home / Blog / Skenario Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 oleh Kementerian Keuangan

Skenario Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 oleh Kementerian Keuangan

HappyLife Team | 15 April 2020
skenario terburuk pertumbuhan ekonomi indonesia 2020

Kementerian Keuangan merilis skenario pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 setelah terkena dampak dari pandemi COVID-19. Skenario tersebut membagi pertumbuhan ekonomi Indonesia ke dalam empat kuartal pada tahun 2020

Pada kuartal pertama, pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan pada angka 4,7 persen. Hal tersebut dikarenakan pada kuartal ini pandemi COVID baru saja menyebar di seluruh dunia, sehingga belum memberikan dampak langsung pada perekonomian Indonesia.

Tetapi, pandemi COVID yang meluas pada awal kuartal kedua di Indonesia memberi dampak signifikan pada proyeksi pertumbuhan ekonomi dimana hanya berada pada angka 1,1 persen.

Begitu pula pada kuartal ketiga yang pertumbuhan ekonominya hanya pada kisaran angka 1,3 persen. Hal ini disebabkan oleh dampak pandemi COVID-19 yang masih meluas pada berbagai sektor perekonomian.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan berada pada angka 2,4 persen pada kuartal keempat. Angka tersebut menandai bahwa pada kuartal terakhir pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan akan semakin membaik setelah pandemi berakhir. Secara rata-rata, pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan akan berada pada angka 2,4 persen.

Referensi: