HappyLife Blog

Where you can find all knowledge base

Home / Blog / Tahapan Dasar Mendirikan Usaha

Tahapan Dasar Mendirikan Usaha

HappyLife Team | 22 July 2020
Tahapan Mendirikan Usaha

Seperti yang kita tahu, tidak ada hal instan di dunia ini. Mie instan pun harus melewati serangkaian proses dahulu sebelum akhirnya bisa dikonsumsi, apalagi usaha.

Terkadang proses tahapan mendirikan usaha Anda menjadi sukses perlu pula menggelontorkan banyak aset untuk memulainya. Jadi ya jangan sampai salah langkah. Bagaimana kalau sudah salah langkah? Hmm, mungkin sebaiknya bisa dijadikan pelajaran.

Sama dengan ketika memasak mie, proses pembangunan usaha juga memiliki beberapa proses yang harus dilewati. Proses ini terdiri dari beberapa komponen. Apa saja sih komponen yang harus ada dalam tahapan mendirikan usaha?

Membuat Deskripsi Bisnis

Deskripsi bisnis merupakan penjelasan singkat mengenai usaha yang akan dibangun. Penjelasan dapat berisi potensi produk, bidang usaha yang akan dijalani, serta peluang perkembangannya di masa depan.

Menyusun Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran dibuat dengan menyesuaikan kelebihan dan kekurangan dari produk yang akan menjadi core usaha. Strategi pemasaran yang tepat dapat menarik minat konsumen untuk membelinya.

Mengenal Kondisi Pasar dan Pesaing

Analisis pasar dan pesaing dilakukan untuk mengetahui kondisi pasar saat ini, serta kekuatan dan kelemahan dari pesaing yang menawarkan produk yang sama.

Desain Pengembangan

Desain pengembangan dilakukan untuk membuat perencanaan produk. Produk yang dikembangkan perlu untuk di validasi kepada konsumen, apakah produk ini bisa bermanfaat atau tidak? Karena konsumen sangat membutuhkan solusi, bukan ingin produk yang tidak bermanfaat.

Rencana Operasional dan Manajemen

Perencanaan ini dilakukan untuk menetapkan proses produksi hingga pengelolaan usaha. Sehingga usaha dapat berjalan dengan panduan yang telah ditentukan sebelumnya. Jangan lupa manajemen sumber daya manusia yang sebagai roda penggerak bisnis Anda untuk tetap berjalan menuju keberhasilan.

Perhitungan Biaya

Perhitungan biaya dilakukan untuk mengatur anggaran. Pengaturan anggaran berfungsi agar aliran keuangan perusahaan dapat tetap sehat.

Bersama Happylife, Anda dapat merancang usaha yang sesuai dengan minat dan karakter diri Anda, sehingga tahapan mendirikan usaha Anda berjalan sesuai. Berminat untuk mengetahui lebih lanjut? Silakan hubungi kontak yang tersedia di website kami. Untuk membaca lebih lanjut, kunjungi blog kami disini.

shares